0293 326945 (1101) feb@unimma.ac.id

S1 Manajemen

Visi

Menjadi Program Studi Manajemen berdaya saing global yang memiliki karakter Islamic Entrepreneurship berorientasi pada bisnis kearifan lokal

Pernyataan Entrepreneurship dan Islami dirumuskan ke dalam keunggulan Prodi Manajemen UNIMMA. Pernyataan Entrepreneurship memiliki cakupan makna yaitu:

  1. Memiliki kompetensi bidang bisnis, percaya diri, kreatif, inovatif, adaptif, kolaboratif, persisten, berdaya saing tinggi dan profesional.
  2. Mampu menyelesaikan permasalahan – permasalahan bidang bisnis.
  3. Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi sesuai bidang keilmuannya.
  4. Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin dan memiliki karakter wirausaha.
  5. Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.

Sedangkan pernyataan Islami memiliki cakupan makna, yaitu:

  1. Berintegritas, menjunjung tinggi moral, dan etika profesi.
  2. Peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanggap terhadap setiap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.
  3. Menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Islaman dalam setiap pengambilan keputusan.

Misi

  1. Menyelenggarakan pendidikan manajemen secara profesional dan Islami untuk mendukung pembangunan masyarakat.
  2. Menyelenggarakan dan memanfaatkan penelitian bidang manajemen untuk pengembangan IPTEKS.
  3. Menyelenggarakan pengabdian masyarakat dan dakwah Islamiah yang dilaksanakan secara terintegrasi dan simultan melalui program-program pemberdayaan masyarakat.
  4. Menyelenggarakan kerjasama/kemitraan dengan DUDI (dunia usaha dunia industri) guna meningkatkan kompetensi lulusan agar berdaya saing

 

Tujuan

  1. Terwujudnya lulusan yang berkualifikasi tinggi dan selalu menjadikan nilai-nilai ke-Islaman sebagai landasan berpikir dan berkarya, dengan karakteristik sebagai berikut: 
    • Memiliki kompetensi manajemen, kreatif, inovatif, adaptif, berdaya saing tinggi dan profesional.
    • Mampu memanfaatkan teknologi informasi komunikasi (ICT) sesuai bidang keilmuan manajemen.
    • Memiliki kemampuan berkomunikasi dan bekerjasama dalam kelompok multidisiplin dan memiliki jiwa wirausaha.
    • Berintegritas, menjunjung tinggi moral dan etika profesi, dan mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan.
    • Peduli terhadap kesejahteraan masyarakat dan tanggap terhadap setiap perubahan dalam setiap aspek kehidupan di lingkungannya.
  2. Dihasilkannya penelitian-penelitian bidang manajemen dan karya ilmiah yang dapat dimanfaatkan untuk:
    • Pengembangan pendidikan dan ilmu manajemen.  
    • Perkembangan IPTEK dan mendukung peningkatan daya saing bangsa.
    • Kesejahteraan masyarakat.
    • Publikasi tingkat nasional maupun internasional.
  3. Dilaksanakannya kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan dakwah islamiah yang berkontribusi pada:
    • Pemberdayaan potensi masyarakat.
    • Peningkatan partisipasi aktif masyarakat dalam upaya memecahkan masalah.
    • Peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat.
    • Pembentukan  lingkungan masyarakat yang memegang teguh etika keislaman.
  4. Terselenggaraannya kerjasama kemitraan dengan stakeholders untuk:
    • Peningkatan relevansi lulusan dan daya saing.
    • Membangun kepercayaan, martabat, dan citra institusi dimata publik.
    • Meningkatkan sumber pendanaan di luar SPP.

Scientific Vision

Islamic Sustainability Management menekankan pada penciptaan kompetensi mahasiswa yang memiliki kemampuan pengelolaan bisnis berkelanjutan dan kelestarian lingkungan berdasar nilai-nilai Islam.

Selama periode 1998 sampai 2021, Kurikulum Program Studi Manajemen telah mengalami perubahan sebanyak 4 (empat) kali, seperti yang disajikan dalam gambar 1.1 sebagai berikut.

 

 Gambar. Kurikulum MBKM

 

 

 

 Gambar. Kurikulum KPT

 

Lulusan S1 Program Studi Manajemen FEB UNIMMA berprofesi/ diproyeksikan  antara lain menjadi:

  1. Manajer perusahaan
  2. Konsultan bisnis (keuangan, pemasaran dan SDM)
  3. Peneliti muda/akademisi
  4. Wirausaha
No Profil Deskripsi
1. Manajer pemasaran Sarjana yang mampu dalam melakukan pengelolaan organisasi bisnis dan memiliki kemampuan analisa akurat dalam mengambil keputusan bisnis dengan memperhatikan diversitas karakteristik personal individu.
2. Konsultan bisnis (keuangan, pemasaran dan SDM) Sarjana yang mampu dalam melakukan analisa informasi bisnis dan menjadikan analisa tersebut sebagai rujukan utama dalam memberikan saran keputusan bisnis, baik keputusan personal maupun organisasi.
3. Peneliti muda/akademisi Sarjana yang mampu dalam merancang model empiris permasalahan manajemen dalam organisasi bisnis.
4. Wirausaha Sarjana yang mampu menginternalisasi semangat kewirausahaan dalam diri, disertai dengan kemampuan analisa penilaian bisnis dengan akurasi tinggi.

 

 

 

 

 

 

Pada tahun 2022 ini, Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi Manajemen UNIMMA telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Rektor No: 003/KEP/II.3.AU/F/2022 tanggal 10 Januari 2022. Selain itu, upaya yang dilakukan oleh program studi Manajemen untuk mendekatkan calon lulusannya pada DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri) adalah dengan memasukkan beberapa unsur kompetensi dalam capaian pembelajaran pada Kurikulum MBKM ini. Unsur kompetensi mengacu pada SKKNI Keputusan Menteri Ketenagakerjaan dan Transmigrasi Republik Indonesia. Adapun unsur-unsur Capaian Pembelajaran adalah sebagai berikut:

Sikap

S.01 Bertakwa kepada Allah dan mampu menunjukkan sikap Islami
S.02 Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
S.03 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
S.04 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
S.05 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
S.06 Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
S.07 Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
S.08 Menginternalisasi nilai-nilai keislaman, norma, dan etika akademik, dan memperjuangkannya melalui pergerakan Muhammadiyah
S.09 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
S.10 Menginternalisasi semangat entrepreneurship islami (inovatif, kreatif, kerjasama, berani mengambil resiko, kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan)

 

Keterampilan Umum (General Skills)

KU.01 Mampu menerapkan pemikian logis, kritis, inovatif , bermutu, dan terukur dalam melakukan jenis pekerjaan spesifik, di bidang keahliannya serta sesuai dengan   standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
KU.02 Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
KU.03 Mampu mengkaji kasus penerapan ilmu pengetahuan, teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya dalam rangka menghasilkan prototype, prosedur baku, desain atau karya seni
KU.04 Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, sepesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
KU.05 Mampu mengambil keputusan secara tepat berdasarkan prosedur baku, spesifikasi desain , dan persyaratan keselamatan dan keamanan kerja dalam melakukan supervisi dan evaluasi pada pekerjaannya
KU.06 Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja sama dan hasil kerjasama didalam maupun di luar lembaganya
KU.07 Mampu bertanggung jawab  atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta  evaluasi  terhadap  penyelesaian  pekerjaan  yang  ditugaskan  kepada  pekerja  yang berada di bawah tanggung jawabnya
KU.08 Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
KU.09 Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

Keterampilan Khusus (Specific Skills)

KK.01
  • Mampu merumuskan perencanaan, pengorganisasian, penyusunan staf, pengarahan, dan pengendalian serta evaluasi pada level operasional di berbagai tipe organisasi.
  • Mampu merancang, menjalankan, mengontrol, dan mengevaluasi aktivitas strategis dari fungsi-fungsi manajemen pada tingkatan operasional pada berbagai organisasi bisnis khususnya industri kreatif berdasarkan prinsip ilmu manajemen untuk menghasilkan kinerja organisasional yang tinggi.
KK.02

Mampu melaksanakan fungsi organisasi (pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasi, dan strategi) pada level operasional di berbagai tipe organisasi.

Mampu menguasi pengetahuan tentang prinsip-prinsip ilmu manajemen yang mencakup manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, perilaku organisasi, manajemen perubahan, manajemen stratejik, perilaku konsumen, manajemen risiko, statistika bisnis, kepemimpinan, kewirausahaan dalam industri kreatif, etika penelitian bisnis, regulasi pada level lokal-regional-nasional-global, kaidah dan teknik komunikasi bisnis dan lintas-budaya dalam rangka menghasilkan kinerja organisasional yang tinggi pada level organisasi binis khususnya industri kreatif atau kewirausahaan.

KK.03 Mampu mengidentifikasi masalah manajerial dan fungsi organisasi pada level operasional, serta mengambil tindakan solutif yang tepat berdasarkan alternatif yang dikembangkan dengan menerapkan prinsip tata kelola organisasi berdasarkan perilaku manusia.
KK.04
  • Mampu menyusun rencana strategis organisasi dan menjabarkan rencana strategis organisasi ke dalam rencana operasional.
  • Mampu membangun, menjalankan, dan melangsungkan usaha mandiri dalam berbagai bidang industri khususnya industri kreatif dengan menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan yang berakar pada kearifan lokal dan nilai-nilai kemanusiaan universal.
KK.05 Mampu mengambil keputusan manajerial secara tepat berdasarkan analisis data dan informasi lintas fungsi organisasi.
KK.06
  • Mampu melakukan kajian empirik dan pemodelan dengan menggunakan ilmiah pada berbagai tipe organisasi berdasarkan fungsi organisasi.
  • Mampu merancang prosedur riset dengan tema-tema terkini dalam ranah manajemen (pemasaran, keuangan, sumber daya manusia, operasional, strategi) dan kewirausahaan, menggunakan instrumen analisis yang relevan, dan mengkomunikasikan hasil yang diperoleh baik dari aspek praktis maupun teoritisnya demi pengembangan ilmu dan kemajuan hidup masyarakat.
KK.07 Mampu mengaplikasikan teknik komunikasi efektif lintas fungsi organisasi.

 

Pengetahuan (Knowledge)

P.01
  • Menguasai konsep teoritis, metoda, dan perangkat analisis fungsi organisasi, mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengarahan, pemantauan, dan pengendalian.
  • Menguasai konsep dasar dan teori utama mengenai proses dan fungsi manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, dan manajemen stratejik.
P.02
  • Menguasai konsep teoritis dan teknis menyusun rencana strategis dan menjabarkannya dalam rencana operasional.
  • Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang pengelolaan bisnis dan praktik manajemen dalam skala nasional, internasional, dan global.
P.03 Menguasai konsep teoritis kepemimpinan di berbagai tipe organisasi
P.04
  • Menguasai konsep teoritis tentang metoda penelitian yang mencakup studi kasus, survei, dan eksperimen pada lingkup kualitatif maupun kuantitatif secara eksploratif, deskriptif, dan verifikatif
  • Menguasai teknik-teknik statistika dasar, metode penelitian dalam bisnis dan manajemen, dan teknik-teknik analisis data serta penerapannya dalam penelitian di bidang bisnis dan manajemen.
P.05

Menguasai konsep teoritis perilaku individu dalam organisasi.

Menguasai konsep, teori, dan prinsip dasar etika dalam mengambil keputusan dan tindakan nyata baik dalam kapasitas sebagai seorang pribadi maupun profesional.

P.06 Menguasai konsep teoritis tentang kaidah teknik komunikasi lintas fungsi organisasi.
P.07
  • Menguasai konsep teoritis tentang etika bisnis dan nilai-nilai kemanusiaan.
  • Menguasai konsep dasar dan teori dasar tentang perilaku baik dalam lingkup personal maupun organisasional.
P.08 Menguasai minimal satu bahasa internasional.

 

 

 

 

SEMESTER 1

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101201 AIK 1 : kemanusiaan dan keimanan 2
2. KPT0101001 OCB (Output Character Building) 0
3. NAS0101203 Bahasa Indonesia 2
4. KPT0101329 Bisnis Pengantar 3
5. KPT0101303 Ekonomi Pengantar 1 (mikro) 3
6. NAS0101304 Pancasila dan Kewarganegaraan 3
7. KPT0101301 Manajemen 3
8. UMM0101306 Bahasa Inggris 3
9. KPT0101332 Matematika Ekonomi 3
Jumlah 22

SEMESTER 2

No Kode Mata kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101202 AIK 2 : ibadah, akhlaq, dan muamalah 2
2. KPT0101304 Ekonomi Pengantar 2 (makro) 3
3. KPT0101336 Statistika Bisnis 3
4. KPT0101333 Manajemen Pemasaran 3
5. KPT0101334 Manajemen Keuangan 3
6. KPT0101335 Manajemen SDM 3
7. KPT0101344 Manajemen Operasi 3
8. KPT0101337 Akuntansi Dasar 3
Jumlah 23

SEMESTER 3

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101203 AIK 3 : kemuhammadiyahan 2
2. KPT0101345 Kewirausahaan 3
3. KPT0101340 Manajemen Keuangan 2 3
4. KPT0101341 Manajemen SDM 2 3
5. KPT0101339 Manajemen Pemasaran 2 3
6. KPT0101343 Industrial Organization 3
7. KPT0101347 Metode Kuantitatif Pengambilan Keputusan 3
8. KPT0101386 Akuntansi Manajemen 3
Jumlah 23

SEMESTER 4

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. KPT0101305 Komunikasi Bisnis Lintas Budaya 3
2. NAS0101210 English for Business 2
3. KPT0101383 Manajemen UMKM 3
4. KPT0101307 Perilaku Organisasional 3
5. KPT0101346 Hukum Bisnis 3
6. KPT0101309 Digital Business 3
7. KPT0101311 Pemodelan Bisnis 3
8. KPT0101352 Metode Penelitian Bisnis 3
Jumlah 23

SEMESTER 5

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101204 AIK 4 : islam dan ilmu pengetahuan 2
2. KPT0101351 Alat Analisis Penelitian 3
3. KPT0101362 Manajemen Inovasi 3
4. KPT0101313 Manajemen Portofolio dan Analisis Investasi 3
5. KPT0101314 Manajemen Strategik 3
6. KPT0101306 Etika  Bisnis Islam 3
7. KPT0101349 Sistem Informasi Manajemen 3
Konsentrasi
8. KPT0101315 Riset Operasi* 3
9. KPT0101316 Riset Pemasaran* 3
10. KPT0101317 Riset Kewirausahaan* 3
11. KPT0101318 Riset Keuangan* 3
12. KPT0101319 Riset SDM* 3
13. KPT0101064 TOEFL Preparation 3
Jumlah 23

SEMESTER 6

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. KPT0101064 TOEFL 0
2. UMM0101308 Kuliah Kerja Nyata 3
Matakuliah Pilihan sesuai Core Competency “Islamic Entrepreneurship” *
KPT01011201 Business Islamic Intrapreneurship 1 12
KPT01011202 Intelectual Islamic Entrepreneurship 1 12
KPT01011203 Social Islamic Entrepreneurship 1 12
KPT01011204 Islamic Entrepreneurship  1 12
Konsentrasi SDM*
3. KPT0101473 Kepemimpinan 4
4. KPT0101402 Hubungan Industrial 4
5. KPT0101472 MSDM Global 4
Konsentrasi Pemasaran*
3. KPT0101482 Perilaku Konsumen 4
4. KPT0101403 Customer Value Creation 4
5. KPT0101466 Pemasaran Stratejik 4
Konsentrasi Keuangan*
3. KPT0101481 Analisa Laporan Keuangan 4
4. KPT0101405 Analisis Kredit dan Pembiayaan 4
5. KPT0101469 Manajemen Investasi Aset Keuangan 4
Konsentrasi Operasional*
3. KPT0101411 Supply Change Management 4
4. KPT0101406 Manajemen Teknologi dan Pengembangan Produk Baru 4
5. KPT0101479 Manajemen Operasi Jasa 4
Konsentrasi Kewirausahaan*
3. KPT0101407 Global Entrepreneurship 4
4. KPT0101409 Green Entrepreneurship 4
5. KPT0101375 Business Start-up 4
6. KPT0101229 Comprehensive Examination 2
Jumlah 17

SEMESTER 7

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
Matakuliah Pilihan sesuai Core Competency “Islamic Entrepreneurship” **
1. KPT0101901 Business Islamic Intrapreneurship 2 9
KPT0101902 Intelectual Islamic Entrepreneurship 2 9
KPT0101903 Social Islamic Entrepreneurship 2 9
KPT0101904 Islamic Entrepreneurship  2 9
Konsentrasi Pemasaran**
1. KPT0101320 Marketing Communication 3
2. KPT0101321 E-Marketing 3
3. KPT0101367 Pemasaran Global 3
Konsentrasi Keuangan**
1. KPT0101357 Manajemen Perbankan Syariah 3
2. KPT0101322 Manajemen Risiko 3
3. KPT0101370 Manajemen Keuangan Internasional 3
Konsentrasi SDM**
1. KPT0101327 E-HRM (Electronic Hurman Resource Management) 3
2. KPT0101328 Leading Change 3
3. KPT0101380 Manajemen Kinerja 3
Konsentrasi Operasional**
1. KPT0101387 Service Operation Management 3
2. KPT0101356 Green Operation Management 3
3. KPT0101378 Manajemen Operasi Internasional 3
Konsentrasi Kewirausahaan**
1. KPT0101358 Social Enterprise Management 3
2. KPT0101325 Kewirausahaan Pariwisata 3
3. KPT0101359 Franchise and Retail Management 3
4. KPT0101429 Skripsi 4
Jumlah Maksimal 13
Total 144

SEMESTER 1

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
UMM0101012 Pengembangan Diri 0
UMM0101009 Komputer Dasar 0
1. UMM0101201 AIK 1 2
2. NAS0101203 Bahasa Indonesia 2
3. KPT0101329 Bisnis Pengantar 3
4. UMM0101206 Bahasa Inggris 2
5. KPT0101330 Mikro Ekonomi 3
6. NAS0101304 PKN 3
7. KPT0101332 Matematik Ekonomi 3
8. KPT0101331 Pengantar Manajemen 3
9. UMM0101008 BTQ 0
Jumlah 21

SEMESTER 2

No Kode Mata kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101202 AIK 2 2
2. NAS0101210 Elnglish for Business 2
3. KPT0101333 Manajemen Pemasaran 3
4. KPT0101334 Manajemen Keuangan 3
5. KPT0101335 Manajemen SDM 3
6. KPT0101336 Statistika Bisnis 3
7. KPT0101337 Akuntansi Dasar 3
8. KPT0101338 Makro Ekonomi 3
Jumlah 22

SEMESTER 3

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101203 AIK 3 2
2. KPT0101339 Manajemen Pemasaran II 3
3. KPT0101340 Manajemen Keuangan II 3
4. KPT0101341 Manajemen SDM II 3
5. KPT0101342 Psikologi Dasar 3
6. KPT0101343 Industrial Organization 3
7. KPT0101344 Manajemen Operasi 3
Jumlah 20

SEMESTER 4

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. UMM0101204 AIK 4 2
2. KPT0101344 Akuntansi Manajemen 3
3. KPT0101345 Kewirausahaan 3
4. KPT0101346 Hukum Bisnis 3
5. KPT0101347 Metode Kuantitatif Pengambilan Keputusan 3
6. KPT0101348 Perilaku Organisasi 3
7. KPT0101349 Sistem Informasi Manajemen 3
Jumlah 20

SEMESTER 5

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. KPT0101350 Komunikasi Bisnis 3
2. KPT0101351 Alat Analisis Penelitian 3
3. KPT0101352 Metoda Penelitian Bisnis 3
4. KPT0101253 Kunjungan Industri 2
5. KPT0101354 Bisnis Internasional 3
6. KPT0101355 Praktikum Kewirausahaan 3
KPT01013S1 Manajemen Kinerja 3
KPT01013K1 Analisa Laporan Keuangan
KPT01013P1 Perilaku Konsumen
KPT01013W1 Manajemen UMKM
KPT01013O1 Manajemen Rantai Pasokan
9 KPT0101056 Lab. Bahasa Inggris 0
Jumlah 20

SEMESTER 6

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
Konsentrasi Pemasaran
1. KPT01013P2 Seminar Pemasaran 3
KPT01013P3 Seminar Stratejik
KPT01013P4 Pemasaran Goobal
Konsentrasi Keuangan
2. KPT01015K3 Seminar Keuangan 3
KPT01015O3 Manajemen Investasi Aset Keuangan
KPT01015S3 Manajemen Keuangan Internasional
Konsentrasi SDM
3. KPT01013S2 Seminar SDM 3
KPT01013S3 MSDM Global
KPT01013S4 Kepemimpinan
Konsentrasi Kewirausahaan
4. KPT01013W2 Seminar KWU 3
KPT01013W3 Business Startup
KPT01013W4 E-Business
Konsentrasi Operasi
5. KPT01013O2 Seminar Operasi 3
KPT01013O3 Manajemen Operasi Internasional
KPT01013O4 Manajemen Operasi Jasa
6. KPT0101357 Manajemen Perbankan Syariah
7. KPT0101258 Praktikum Statistik 2
8. KPT0101359 Etika Bisnis Islam 3
Jumlah 17

SEMESTER 7

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. KPT0101359 Manajemen Strategi 3
2. KPT0101360 Manajemen Perubahan 3
3. KPT0101361 Teknik Negosiasi 3
4. KPT0101362 Manajemen Inovasi 3
5. KPT0101363 Creative and Analytical Thinking 3
6. UMM0101307 KKN/Magang 3
7. KPT0101064 TOEFL 3

 

SEMESTER 8

No Kode Mata Kuliah Mata Kuliah SKS
1. KPT0101328 KKN/Magang 3
2. KPT0101329 Skripsi 6
Jumlah 9
TOTAL 144