Presentasi Poster kelas Manajemen Kinerja tahun ajaran 2019/2020 merupakan rangkaian dari “Poster Presentation Week” yang dilaksanakan pada tanggal 1- 10 Januari 2020 di fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang. Kegiatan ini merupakan kegiatan simulasi bila pada akhirnya nanti mahasiswwa akan mengikuti presentasi poster di Seminar Internasional yang mereka ikuti.

 

Presentasi poster ini diikuti oleh 16 kelompok mahasiswa manajemen semester 5 khususnya konsentrasi SDM yang mengambil mata kulian Manajemen Kinerja dimana mahasiswa diminta untuk mencari masalah yang terjadi pada sebuah perusahaan baik perusahaan di Indonesia maupun di luar negeri, melakukan mini riset berbasis data sekunder, melakukan analisis hingga mempresentasikan hasil riset mereka.

 

Poster Presentation Week ini merupakan acara puncak dari seluruh jerih payah mahasiswa selama 1 semester. Proses presentasi poster ini dimulai sejak minggu ke-7 dimana mahasiswa diminta untuk menetukan perusahaan yang akan diteliti, lalu di minggu ke-9, mereka menentukan kasus apa yang dipilih dari perusahaan tersebut. Proses ini membutuhkan waktu 2 pertemuan karena dilakukan quality check atas kelayakan kasus tersebut untuk dijadikan bahan penelitian. Setelah perusahaan dan kasus ditentukan, mahasiswa lalu diminta membuat 2 analisis dari kasus tersebut. Analisis pertama harus diambil dari framework/model yang dipelajari di kelas dan analisis berikutnya merupakan analisis pengembangan, dimana mahasiswa diminta mengaitkan analisis pertama dengan framework lain yang dipelajari di mata kulaih lainnya, contoh: dikaitkan ke pemasaran atau strategi atau lainnya.

 

Proses quality check poster berlangsung tiap minggu, dimana dosen akan mengecek kelayakan framework yang mereka pilih, kelayakan konten yang akan dimasukkan ke dalam poster, tata letak, desain, pemilihan warna hingga unsur-unsur estetika lainnya hingga akhirnya H-1minggu sebelum kegiatan, semua poster sudah mendapat persetujuan untuk di cetak.

 

Kegiatan presentasi poster tidak akan sukses tanpa pengunjung, oleh karena itu untuk kegiatan ini, selain terbuka untuk umum, Dosen mengkolaborasikan aktifitas pengajaran lainnya yaitu: Cross Class Discussion atau diskusi lintas kelas. Untuk kegiatan ini, kelas Kinerja akan didatangan oleh kira-kira 150 mahasiswa dari kelas Manajemen Inovasi. Mahasiswa kelas Inovasi ini diberikan tugas untuk membuat essay dari hasil wawancara mereka pada para presenter poster yang dikaitkan dengan kinerja inovasi perusahaan.

 

Aktifitas diskusi terbuka ini berjalan sangat lancar karena mahasiswa diminta untuk datang bergelombang untuk menghindari penumpukan massa di jam tertentu. Mahasiswa Inovasi yang berkunjung ke lokasi lalu berkeliling dan mencari topik yang menarik untuk mereka dan mulai mengajukan pertanyaan berdasarkan topik tersebut. Berikut testimony dari salah satu mahasiswa kelas Inovasi sebagai pengunjung kegiatan : “Kegiatan diskusi lintas kelas ini menurut saya merupakan suatu gebrakan baru yang akan berdampak sangat positif yang mengarah pada progres baik dari proses maupun hasil belajar mahasiswa. Tidak hanya itu,  mahasiswa juga disajikan suasana pembelajaran yang tidak hanya sekedar teori, namun lebih dari itu, kita dapat mengetahui informasi yang tidak/belum kita ketahui sebelumnya dan secara tidak sadar kita dituntut untuk berfikir/menciptakan solusi /inovasi dari permasalahan yang terjadi pada perusahaan2 Multinasional, yang disajikan oleh peyaji melalui poster presentation. Jadi pada intinya, saya berharap bahwa kegiatan diskusi lintas kelas ini dapat continue dan dibudayakan, guna peningkatan kwalitas berfikir dan progres mahasiswa itu sendiri”. (Aldy Bagas, 16D)

 

Sedangkan dari sisi presenter poster didapatkan testimoni sebagai berikut: “Sungguh poster presentation sangat membantu temen-temen Mahasiswa untuk memahami materi yang disampaikan di bangku perkuliahan dan mampu mengimplementasikan materi dengan analisis yang ada di manajemen, saya sangat senang, dan bangga terhadap poster presentation” (Aziz Yanuar, 17B).

 

Hingga saat ini, kegiatan presentasi poster dan diskusi lintas kelas ini telah dilakukan 2 kali. Dimana pilot project dilakukan di tahun ajaran 2018/2019. Kegiatan ini akan terus dievaluasi untuk mencari model yang paling tepat dan efektif dalam proses presentasi dan diskusi. Diharapkan kegiatan ini dapat terus berlanjut dan ditularkan pad akelas-kelas lain di fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Magelang.

0

You may also like

Daftar Pembimbing Skripsi Akuntansi
Jadwal Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021(New Revisi)
Jadwal Ujian Skripsi Semester Genap TA. 2019/2020 Periode Agustus II 2020