Sejak dunia memasuki era digitalisasi, penggunaan teknologi tidak lagi dapat dihindari. Teknologi terbukti telah membantu manusia dalam melakukan berbagai kegiatan dari kegiatan professional hingga hiburan. Dengan fakta tersebut, Universitas khususnya fakultas hendaklah membuka diri, beradaptasi dan ikut mendukung hal tersebut. Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UMMagelang sangat menyadari pentingnya penggunaan teknologi khususnya dalam menjalankan bisnis / usaha. Oleh karena itu, FEB sangat mendukung berdirinya usaha digital khususnya start-up yang berbasis teknologi yang digawangi oleh mahasiswa.

Usaha rintisan atau yang umumnya disebut sebagai usaha start-up khususnya yang berbasis teknologi mengharuskan pendirinya (dalam hal ini mahasiswa) menjalankan usahanya bukan saja dengan cara konvensional tapi bertumpu pada aktifitas digital. Usaha jenis ini berbeda dengan UMKM yang fokus pada pasar lokal dengan segmen pasar yang relative terjangkau. Sejak didirikan, bisnis start-up  memiliki tujuan untuk menjadi usaha besar yang beroperasi dengan skala nasional hingga internasional. Bisnis start-up yang berbasis teknologi juga mengoptimalkan penggunaan teknologi dalam operasionalnya, bukan hanya sebatas penggunaan website dan sosial media. Usaha ini menggunakan internet sebagai media pelaksanaaan kegiatan yang utama, membuat algoritma dalam menyusun strategi dan mengenal pasar, mengaplikasikan digital marketing mix dalam proses pemasarannya dan melakukan aktifitas digital lainnya.

Sebagai hasil dari dukungan tersebut, pada awal April 2019, FEB UMMagelang berhasil menelurkan start-up pertama di lingkungan Universitas yang diprakarsai 100% oleh Mahasiswa FEB., yaitu Dimas Nugroho Cahyo (Angkatan 2015), Nur Cholis (Angkatan 2015), dan Aris Setyanto (Angkatan 2016) yang ketiganya berasal dari program studi Manajemen. Bisnis start-up yang diberi nama Luar Kuliah ini adalah sebuah usaha berbasis teknologi yang berfokus pada pendidikan. Namun, berbeda dengan usaha pendidikan lainnya yang memberikan penjabaran tentang teori yang didapatkan di bangku skolah atau kuliah, Luar Kuliah mengkhususkan diri pada pengembangan skill, passion dan pengembangan kreatifitas mahasiswa.

Usaha ini berawal dari adanya masalah yang terjadi terutama di kalangan pelajar dan mahasiswa, dimana mayoritas masih bingung akan melakukan apa setelah lulus sekolah atau kuliah nantinya. Terutama bahwa mayoritas pelajar berdasarkan riset pasar yang dilakukan Luar Kuliah, belum mengetahui apa passion/kegemaran mereka sebenarnya, padahal passion inilah yang sangat diutamakan dalam pemilihan jenis karir apa yang akan mereka lakukan setelah lulus. Oleh karena itu Luar Kuliah hadir untuk menfasilitasi para pelajar dalam menemukan passion mereka, mengarahkan passion tersebut melalui pelatihan, work shop, praktek langsung dan menghubungkan mereka dengan dunia kerja terutama dunia kerja kreatif.

Diharapkan kedepannya akan hadir lagi usaha start-up lainnya yang diprakarsai mahasiswa dan pihak FEB UMMagelang akan senantiasa mendukung dan mengarahkan usaha-usaha mahasiswa demi menuntun mahasiswa menjadi usahawan mandiri.

0

You may also like

Jadwal Ujian Proposal Prodi Manajemen Periode November 2019
Jadwal Ujian Proposal Prodi Akuntansi Periode November 2019
Pembagian Bis dan Kelompok Kunjungan Industri 2019