“KKN PPMT UMMagelang Wujudkan Kemandirian Ekonomi Keluarga

Bagi KWT Sakinah Tegalrejo”

  Magelang (26/04/20)–  LP3M Universitas Muhammadiyah Magelang meluncurkan program terbaru yaitu kolaborasi pengabdian masyarakat dosen dan KKN mahasiswa. Program yang dilaksanakan mulai awal tahun 2020 ini dinamakan PPMT (Program Pengabdian Masyarakat Terpadu). Beberapa dosen dan mahasiswa FEB turut berpartisipasi,salah satunya adalah tim PPMT yang diketuai oleh Anissa Hakim Purwantini, M.Sc. selaku dosen pendamping dan lima mahasiswa yang terdiri dari 2 mahasiswa Prodi Manajemen dan 3 mahasiswa Prodi Akuntansi. PPMT ini ditujukan kepada mitra Kelompok Wanita Tani(KWT) Sakinah yang berada di Dusun Gales RT 06  RW  03, Desa Sidorejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang. 

Meskipun KWT Sakinah sudah berdiri sejak November 2015, banyak kendala yang dihadapi dalam menjalankan usahanya. Salah satu produk unggulan yang banyak diminati konsumen yaitu keripik talas. Akan tetapi KWT Sakinah belum mampu memenuhi permintaan pasar akibat kurangnya bahan baku. Selain itu, minimnya kualitas SDM mengakibatkan anggota kesulitan dalam penetapan harga jual sehingga terkadang keuntungan yang didapat sedikit. Oleh karena itu,program PPMT ini bertujuan meningkatkan kualitas SDM KWT Sakinah dengan fokus pada 4 program utama. Program tersebut yaitu pemahaman tentang kewirausahaan dan inovasi, pengemasan dan labelling, manajemen pemasaran, dan penentuan harga jual produk serta pembukuan keuangan sederhana. Guna menjamin lancarnya proses produksi, tim PPMT yang dikoordinatori oleh Cahyo Agung ini juga menjalin sinergi dengan kelompok tani di Dusun Gales. Pemberian bibit talas yang ditanam di lahan kosong milik anggota kelompok tani diharapkan akan menyokong ketersediaan bahan baku keripik talas.

Kegiatan ini resmi dibuka sejak 8 Maret 2020 sampai dengan pertengahan April lalu. Anggota dan pengurus KWT sangat antusias dan semangat dalam menjalankan program. Perangkat desa juga mendukung dan memfasilitasi dengan baik sehingga semua kegiatan dapat berjalan dengan lancar. Semoga dengan kegiatan ini kemandirian ekonomi keluarga bagi anggota KWT Sakinah dapat terwujud.(red/A.H)
0

You may also like

Daftar Pembimbing Skripsi Program Studi Manajemen
Daftar Pembimbing Skripsi Akuntansi
Jadwal Perkuliahan Semester Gasal 2020/2021(New Revisi)